Pemkab Barsel Dua Kali Berturut-turut Raih Penghargaan dari MenPANRB

SAMPAIKAN SAMBUTAN: Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan kata sambutan pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Pemerintah Daerah Tahun 2024, di Jakarta – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan predikat nilai B atau Baik dalam hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) selama 2 tahun berturut-turut yakni tahun 2023 dan 2024.

Prestasi tersebut tentunya sangat membanggakan karena jika dibandingkan tahun 2023 lalu Pemkab Barsel hanya meraih nilai CC dengan predikat cukup.

Penghargaan sendiri diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan MSi pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Pemerintah Daerah Tahun 2024, di Jakarta, hari Rabu (2/10/2024) lalu.

Dalam acara, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024 kepada instansi pemerintah. 

Hasilnya, nilai SAKIP pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota, mengalami kenaikan selama 10 tahun terakhir. 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANR B Erwan Agus Purwanto menyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah yang mendapatkan predikat A dan B.

Anas mengungkapkan, peningkatan nilai SAKIP menggambarkan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi hasil. 

“Capaian SAKIP dalam sepuluh tahun terakhir, tahun 2014 sampai 2023, menunjukkan tren positif. Pergerakan positif ini terlihat dengan perbaikan tata kelola pemerintahan dan peningkatan akuntabilitas kinerja,” katanya.

Menteri menegaskan, setiap instansi seharusnya berkontribusi terhadap pencapaian prioritas pembangunan. Beliau juga mengucapkan apresiasi terhadap pemda yang mendapat kenaikan predikat SAKIP. 

Harapannya, capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya. 

“Kami menyadari bahwa berbagai pencapaian melalui SAKIP tentu harus terus ditingkatkan di tengah berbagai dinamika dan ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan menyampaikan rasa syukur dan bangganya terhadap raihan pengghargaan tersebut.

“Alhamdulillah atas kerja keras semuanya, maka selama 2 tahun berturut-turut yakni sejak tahun 2023 sampai dengan 2024 Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dapat mempertahankan predikat nilai B atau Baik dalam hasil evaluasi SAKIP dari Kementerian PANRB,” ungkapnya.

Pemkab Barsel, lanjutnya, telah konsisten melakukan berbagai perbaikan kinerja pelayanan publik sehingga mendapatkan hasil evaluasi SAKIP dengan predikat B atau Baik selama 2 tahun berturut turut, yakni tahun 2023 dan 2024 dari Kementerian PAN RB. 

"Pemkab Barsel telah menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), sebagai pelaksanaan dari manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. Dengan penghargaan ini menunjukkan bahwa Pemkab Barsel dalam memberikan pelayanan publik, telah optimal dan berorientasi kepada kepentingan masyarakat,” jelas Deddy.

“Tanpa kekompakan antar perangkat daerah, tentu kita tidak akan bisa mendapatkan penghargaan ini. Semua harus tetap solid, kompak dan teruslah meningkatkan kinerja pelayanan publik menjadi lebih baik lagi, aparatur pemerintah kabupaten harus hadir untuk melayani masyarakat,” ujar Deddy.

Prestasi yang membanggakan ini tentu saja memberikan kebanggaan bagi warga masyarakat Barito Selatan. 

Salah seorang warga Buntok, Barsel mengungkapkan kekagumannya dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan yang telah membawa harum nama Kabupaten Barito Selatan. Dengan ucapan terharu serta bangga atas pencapaian dan prestasi yang luar biasa selama 2 tahun terakhir. 

“Terima kasih pak Pj Bupati Barito Selatan, semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan, kesuksesan dan keberkahan dari Allah SWT,” ucapnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال