Peringati HHD-HKD 2024: BPPW Kalsel Gelar Tanam Pohon dan Talkshow di UIN Antasari Banjarmasin

 

TANAM POHON: BPPW Kalsel bersama UIN Antasari Banjarmasin saat melakukan penanaman pohon dalam rangka Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2024 - Foto Dok Lita


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2024.

Salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon dan talkshow yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Rektor UIN, Narasumber, Mahasiswa, dan Dosen, Senin (7/10/2024) di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. 

Kepala BPPW Kalsel yang di wakili KTU BPPW Kalsel Muhammad Ali Tasrief mengatakan, perubahan iklim menjadi tantangan global yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk lingkungan, ekonomi, kesehatan, dan aspek lainnya.

Untuk itulah mengacu pada tujuan nomor 13 dari Suistanable Development Goals (SDGs) yakni untuk mengambil tindakan cepat terhadap perubahan iklim untuk memperlambat dampak yang dialami, maka harus segera ada langkah yang dilakukan oleh setiap individu.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan rangkaian Urban October yang dimulai dengan hari Habitat Dunia (HHD) pada hari senin pertama bulan Oktober setiap tahun dan diakhiri dengan Hari Kota Dunia (HKD) pada tanggal 31 Oktober. Pada tahun ini, HHD diperingati tanggal 7 Okober 2024, dengan tema global yaitu, Engaging youth to create a better urban future: youth leading climate & local action for cities,” ucapnya.


Dengan penanaman pohon di lingkungan kampus UIN Antasari, merupakan simbol upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung program penghijauan. 

Sementara itu, PPK Perencanaan BPPW Kalsel Dewi Sari menambahkan, kegiatan berupa penanaman pohon dan talkshow sebenarnya diprakarsai oleh Persatuan Bangsa Bangsa. Namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta jajaran memiliki peran aktif dalam penyelenggaraan kegiatan HHD-HKD.

“Kami berkomitmen mengikutsertakan berbagai elemen masyarakat, termasuk pemuda,Ini sebagai langkah meningkatkan kesadaran sekaligus mengajak masyarakat berpartisipasi dalam merencanakan kawasan perkotaan secara lebih baik,” katanya.

Ia menambahkan alasan kegiatan penanaman pohon dan talkshow dilaksanakan di UIN Antasari Banjarmasin. Hal itu lantaran pihaknya diminta melaksanakan kegiatan di lokasi proyek Kementerian PUPR. Dengan kegiatan ini, ia berharap generasi muda terlibat dalam mengikuti laju perubahan iklim. 

Dilain pihak, Wakil Rektor II UIN Antasari Banjarmasin, DR H Akhmad Sagir mengucapkan terima kasih kepada BPPW Kalsel.

“Kami berterima kasih dan bersyukur karena kegiatan digelar di sini,” bebernya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi momentum bagi civitas akademika UIN Antasari Banjarmasin agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Sekadar diketahui, Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan rangkaian Urban October yang dimulai dengan Hari Habitat Dunia (HHD) pada Senin pertama bulan Oktober setiap tahun, dan diakhiri dengan Hari Kota Dunia (HKD) pada 31 Oktober. Pada tahun ini, HHD diperingati 7 Oktober 2024. 

Tujuan peringatan HHD-HKD adalah merefleksikan kondisi terkini dari kota-kota di seluruh dunia, dan hak dasar penduduk dalam tempat tinggal yang layak. 

Pada 2024, UN Habitat telah merilis rancangan tema global untuk peringatan HHD-HKD yang berkaitan dengan Engaging youth to create a better urban future: youth leading climate & local action for cities.

Dengan Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan. BPPW Kalsel berkomitmen untuk terus melaksanakan program-program yang mendukung lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال