Puskesmas Batulicin Lakukan Pemeriksaan Dini PTM dan PPOK

PERIKSA KESEHATAN: Petugas medis Puskesmas Batulicin memeriksa kesehatan karyawan Kantor Diskominfo SP Kabupaten Tanah Bumbu – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL –  Puskesmas Batulicin Tanah Bumbu menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan di Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (1/10/2024). 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyakit Paru Obstruktuf Kronis (PPOK).

Setelah di Kantor Diskominfo SP, kegiatan akan dilanjutkan ke institusi lainnya yang berada di wilayah Puskesmas Batulicin.

Untuk pemeriksaan meliputi pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolestrol dan wawancara kesehatan terkait faktor risiko PTM seperti kebiasaan merokok, pola makan, serta aktivitas fisik.

Perawat PKM Batulicin, Mahpuzatul Jannah mengatakan, pemeriksaan deteksi dini faktur risiko penyakit tidak menular bertujuan mendeteksi di usia muda hingga lansia yang memiliki penyakit tidak menular.

“Yang diperiksa secara dini adalah usia dari 15-59 tahun, baik yang sudah menderita penyakit tidak menular ataupun yang tidak sehingga kami bisa mengontrol dari pola makan, gaya hidup dan olahraga apabila terdapat hasil yang abnormal dari pemeriksaan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Puskesmas Batulicin terus berkomitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang proaktif dan preventif bagi masyarakat, khususnya dalam menangani penyakit tidak menular.

Pemeriksaan PTM dan PPOK ini diharapkan menjadi langkah dalam mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال