Puskesmas Kekurangan Nakes, Pemda Diminta Terus Berupaya

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Arahman - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Arahman, meminta kepada pemerintah daerah khususnya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk terus melakukan upaya dalam rangka menambah ketersediaan tenaga kesehatan (nakes) di wilayah setempat.

Karena menurutnya, keterbatasan nakes menjadi salah satu permasalahan utama dalam pembangunan sektor kesehatan di Bumi Gawi Hatantiring.

“Yang menjadi permasalahan memang nakes ini masih sangat kekurangan, termasuk nakes yang PNS ini masih sangat minim. Maka dari itulah, kami berharap pemerintah daerah melalui Dinkes terus mencari peluang untuk menambah nakes di daerah kita,” katanya.


Ia menjelaskan, upaya-upaya tersebut bisa melalui perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ataupun seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Penambahan nakes baik itu untuk dokter, bidan maupun perawat sangat penting. Karena berdasarkan pantauannya, masih banyak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) yang masih kekurangan. 

“Seperti di Desa Telaga Pulang, termasuk Puskesmas di Seruyan Hulu dan Seruyan Tengah itu masih banyak yang kurang untuk nakesnya,” pungkasnya.

Padahal, ketersediaan nakes sangat penting untuk menunjang pelayanan kesehatan di suatu wilayah. Maka dari itulah, dirinya berharap agar ketersediaan nakes di Kabupaten Seruyan ini dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال