South Borneo Rally 2024 Jadi Arena Perebutan Tahta Juara Pereli Nasional

LINTASI JALAN SAWIT: Perlombaan South Borneo Rally 2024 akan melalui jalan tambang batu bara, perkebunan sawit serta di lintasan Sirkuit Balipat dan Sirkuit Kampil – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Putaran ketiga Kejuaraan Nasional Rally dengan tajuk South Borneo Rally 2024 yang berlangsung dari tanggal 18 hinga 20 Oktober akan menjadi saksi dalam perebutan gelar Juara Nasional yang diperebutkan oleh pereli Tanah Air.

Rangkaian ini merupakan kali kedua bagi Kabupaten Tapin, Binuang, Kalimantan Selatan, sebagai tuan rumah dalam ajang bergengsi. 

Adapun momen spesialnya adalah pada laga pamungkas ini akan menjadi saksi siapa pereli yang menyandang gelar prestisius sebagai jawara 2024.

Tahun ini, penyelenggara telah menyiapkan suguhan yang berbeda melalui hadirnya lintasan baru yang akan melengkapi persaingan. 

Meski demikian, dua lintasan yang digunakan tahun lalu yakni Kampil dan Balipat, tetap dipertahankan sebagai ciri khas dari Tapin, Binuang, Kalimantan Selatan.

“Penggunaan sirkuit Balipat dan Kampil ini memang telah disesuaikan mengingat dua sirkuit tersebut merupakan ikon dari Binuang yang memiliki karakter sama yakni untuk kegiatan motocross ataupun sprint rally. Kami juga berkomitmen untuk melaksanakan program environment sustainability dan diharapkan jadi pelopor dari Program Lingkungan Hidup Berkelanjutan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam mendukung Ekonomi Sirkular dari Pemerintah Republik Indonesia,” jelas HM Prayudha, selaku Ketua Penyelenggara South Borneo Rally 2024.

Putaran terakhir ini akan melangsungkan 12 Special Stage (SS) yang mengkombinasikan clockwise dan anti-clockwise di beberapa sirkuit. Rangkaian tersebut, akan dimulai pada Jumat (18/10/2024) hingga Minggu (20/10/2024). 

Adapun lintasan yang digunakan pada tahun ini antata lain:

Super Special Stage Rantau Baru Special Stage Kampil Padang Sari Special Stage Pantai Batu, Special Stage Karang Nangka-Kanjaran Special Stage Balipat.

Secara keseluruhan, total jarak yang ditempuh oleh pereli pada South Borneo Rally 2024 adalah 241,57 kilometer yang terbagi atas 7 Special Stage pada Leg Pertama pada hari Jumat dan Sabtu serta 5 Special Stage pada Leg Kedua  pada hari Minggu.

Mengenai nama-nama pereli yang siap meramaikan seri penutup ini selain duo Binuang seperti Haji Rihans dan Haji Yoga, beberapa nama lainnya yang siap mengadu kemampuan di tanah Borneo antara lain Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia), Haji Rahmat (LFN Sederhana Motorsport), Haji Andi Baihaki (LFN Sederhana Motorsport), Haji Dypo Fitramadhan (Delta Garage Racing Team), serta Bimo Pradikto (Banteng Motorsport).

Penyelenggaraan South Borneo Rally 2024 ini juga turut mendapat dukungan penuh dari beberapa pihak, antara lain Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tapin, HRVRT BGM HBM BMB, Pertamax Turbo, PT Gunung Dilam, PT Cipta Kridatama, PT Antang Gunung Meratus, PT TRM-HNR, BNI Cabang Binuang, serta BRI Cabang Rantau, di mana keterlibatan tersebut memiliki tujuan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai sport tourism dan menarik banyak wisatawan.

“Panitia Penyelenggara akan melaksanakan South Borneo Rally 2024 dengan konsep Sportainment, di mana tidak hanya mengutamakan sisi kompetisi saja tetapi untuk kedua kalinya akan ditampilkan secara “LIVE” sehingga nanti jalannya perlombaan yang melalui jalan tambang batu bara, perkebunan sawit serta di lintasan Sirkuit Balipat dan Sirkuit Kampil akan dapat ditonton secara langsung oleh para Komunitas Rally di seluruh Indonesia,” pungkas HM Prayudha.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال