Wah, Sabilal Muhtadin Dinobatkan Jadi Masjid Raya Terbaik di Indonesia

 

MEGAH: Susana Mesjid Raya Sabilal Muhtadin jelang magrib - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyabet prestasi mentereng di ajang nasional.

Masjid yang terletak di pusat Kota Seribu Sungai itu menyabet Juara Terbaik 1 Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa) 2024, Selasa (1/10/2024) lalu.

Sekretaris Masjid Raya Sabilal Muhtadin Samsul Rani mengaku tak menyangka sama sekali kalau Sabilal Muhtadin bisa menjadi masjid raya terbaik se-Indonesia.

"Semua pengurus masjid, termasuk saya juga kaget ketika dikabari," ujar Rani, Kamis (3/10/2024) lalu.


Awal cerita, bukan takmir masjid yang mendaftarkan diri mengikuti lomba, melainkan pihak Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin.

"Dari Kemenag datang, bilang mau mengikutkan Masjid Sabilal di ajang AMPeRa pada kategori masjid raya," kisahnya.

Singkat cerita, beberapa pekan kemudian datang dua penilai dari Kemenag Pusat. Mereka meninjau seluruh fasilitas masjid.

Dari kantor sekretariat, aula, mini market, radio, SPBU, pelayanan pemandian jenazah, perpustakaan, hingga klinik kesehatan. Kebersihan toilet, kualitas audio masjid, dan kebersihan karpet sajadah juga dicek.

Setelah melewati penilaian, pihaknya dikabari bahwa Masjid Raya Sabilal Muhtadin masuk nominasi dan diundang ke Solo pada Selasa (1/10/2024) malam di acara AMPeRa 2024.

Dari Kota Banjarmasin, berangkat Ketua Pengelola MRSM Darul Qutni.

"Pak Darul Qutni yang mengabari kami. Tentu ini sebuah kebanggaan masyarakat Banua," tambahnya.

Dalam bayangannya, tak pernah terbayang dinobatkan menjadi masjid raya terbaik di Indonesia. Selama ini mereka hanya berupaya melayani jemaah.

"Yang kami lakukan semata-mata memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah, itu saja. Kami ingin mencari pahala," bebernya.

Untuk dana operasional masjid, selama ini Sabilal Muhtadin menerima dana hibah dari Pemprov Kalsel.

"Kesuksesan Masjid Sabilal mendapat juara terbaik satu tidak lepas dari perhatian Gubernur Sahbirin Noor. Seperti pemberian dana hibah untuk penyelenggaraan jenazah gratis, mengumrahkan karyawan masjid, dan banyak lagi," tutupnya.

Sumber: radarbanjarmasin.jawapos.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال